13 Juni 2009

Pengantar Konsep Rekayasa Perangat Lunak Berbasis Objek

Pengantar Konsep Rekayasa Perangat Lunak Berbasis Objek
Dosen : Fajar Sasongko, MM., M.Kom.


TUGAS KE-1 (SESI I)

SOAL :
 Berikan 5 (lima) contoh proyek pengembangan software yang cocok menggunakan metodologi prototyping ! Jelaskan 2 atau 3 aplikasi yang sulit dikembangkan dengan cara prototyping !

Jawaban :
Metodologi ini menentukan kebutuhan nyata klien, dan membangun model secara cepat untuk mempersingkat proses pengembangan software.
Dari definisi di atas, maka proyek pengembangan software yang cocok adalah software-software yang dibutuhkan segera dan memiliki suatu batasan yang sudah jelas.
Contoh proyek pengembangan software yang cocok menggunakan metodologi prototyping :
1. Pengembangan Sistem Rumah Sakit
2. Pengembangan Sistem Aplikasi Akademik
3. Pengembangan Sistem Aplikasi Kepegawaian
4. Pengembangan Sistem Aplikasi Accounting
5. Pengembangan Sistem Aplikasi Penjualan

Sedangkan aplikasi yang sulit dikembangkan dengan cara prototyping, adalah system aplikasi yang permasalahannya dapat berubah sewaktu-waktu, sehingga setiap ada perubahan, perlu pengembangan, dan penyelesaiannya membutuhkan waktu yang tidak sebentar, serta memerlukan trial eror yang cukup lama dalam testing dan implementasinya. Contohnya :

1. Pengembangan Software Robotik
Pengembangan system ini sulit dikembangkan dengan metode prototyping, software ini memerlukan waktu yang lebih untuk pengembangan software-nya. Selain itu untuk pembuatan prototype membutuhkan penelitian terlebih dahulu.

2. Pengembangan Software Penelitian
Sistem ini juga memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk membangunnya, selain perlu analisa parameter-parameter yang perlu ada, kemudian proses apa saja yang harus dilakukan untuk mengolah datanya.

 Paradigma pengembangan software mana yang Anda pandang paling efektif? Mengapa?

Jawaban :
Dalam pengembangan software, penggunaan paradigm yang paling efektif adalah tergantung/disesuaikan dengan software yang akan dikembangan.
Jika software yang akan dikembangkan hanya software/program kecil (5.000-50.000 baris kode), maka akan lebih baik digunakan paradigm terstrukutr, tetapi jika yang dikembangkan adalah software/program-program besar ( 500.000-5.000.000 baris kode), dan membutuhkan pemeliharaan software yang baik maka lebih efektif menggunakan paradigm objek oriented. Dan kelebihan pada paradigm orientasi objek memandang permasalahan sebagai sekumpulan obyek, sehingga dapat terlihat gambaran pemecahan suatu permasalahan dan dari sana dapat dispesifikasikan algoritma dan logika programnya. Selain itu dengan dikemasnya program dalam suatu wadah objek-objek (enkapsulasi) lebih memudahkan dalam trace dan pengembangan aplikasi, banyak bahasa pemrograman yang mendukung. Dan kecepatan eksekusi tinggi.
Selain itu OO juga merupakan paradigma tunggal, yaitu “Bahasa” tunggal digunakan oleh user, analis, desainer, dan implementor, mengakomodasi penggunaan kode secara berulang, stabil, modelnya merefleksikan dunia nyata serta adaptif terhadap perubahan.
OO juga mempermudah dan membantu kita dalam memahami system, mendokumentasikan keputusan yang kita buat. memberi kita kerangka yang memandu dalam membangun system dan membantu melakukan spesifikasi struktur atau behavior dari suatu sistem.



TUGAS KE-2 (SESI II)

 Rekayasa perangkat lunak Object Oriented (OO) saat ini secara cepat telah menggantikan pendekatan pengembangan yang konvensional. Seperti halnya teknologi lain, OO memiliki sisi buruk. Menggunakan internet maupun sumber lain, tuliskan paper singkat mengenai kritik Anda terhadap OO dan mengapa kita harus berhati-hati dalam menerapkan OO.

Kritik terhadap OO :
Object Oriented (OO) saat ini secara cepat telah menggantikan pendekatan pengembangan yang konvensional, kita harus berhati-hati dalam menerapkan OO, karena ada beberapa sisi buruk atau kelemahan OO diantaranya :
1. RPL OO tidak begitu bermanfaat jika :
a. tanggungjawab sistem tidak terlalu besar (sederhana)
b. Sistem yang hanya terdiri dari satu atau dua class
2. Tidak memperbolehkan implementasi yang kuat pada reuse
3. Properti software tidak terikat dalam satu unit fungsional, sehingga harus
crosscut di antara komponennya
4. Crosscut tersebut mengakibatkan sulitnya pengembangan dan pemeliharaan.




TUGAS KE-3 (SESI III)

 Anda ditunjuk untuk menangani pekerjaan pembangunan software pengolah kata baru. Sebuah nama kelas dokumen telah diidentifikasikan. Definisikan atribut dan operasi yang relevan untuk dokumen.

Jawaban :
Pembangunan software pengolah kata :
Untuk membangun software pengolah kata tersebut jika diidentifikasi kelas dokumen maka dapat disusun atribut yaitu sifat-sifat yang nantinya melekat pada kelas dokumen yang merupakan identitas dokumen tersebut, adapun atributnya antara lain : title, subject, author, location, size, datecreate, datemodify, atribut
Dan untuk operasi yang relevan, yaitu operasi yang dapat dilakukan pada dokumen tersebut, dimana nantinya dokumen tersebut dapat kita atur “akan diapakan”, dan operasinya antara lain : create, save, open, close, edit, delete, format, insert, view, print.

Pelajari software Visual Paradigm (VP) (www.visual-paradigm.com ), tentukan :
• Sebutkan diagram apa saja yang bisa ditangani oleh VP & jelaskan !
Jawaban :
UML DIAGRAM
1. Use case diagram, menggambarkan model fungsi bisnis
2. Class Diagam, menggambarkan class/entitas yang terkait
3. Sequence Diagram, menggambarkan urutan proses-proses
4. Communication Diagram, menggambarkan hubungan komunikasi antar proses
5. State Machine Diagram, menggambarkan state machine
6. Activity Diagram, menggambarkan aktifitas dari masing-masing aktor
7. Componen Diagram, menggambarkan hubungan komponen-komponen yang ada dalam system.
8. Deployment Diagram, menggambarkan system dalam bentuk diagram deployment
9. Package Diagram, menggambarkan system dalam bentuk package-package
10. Object Diagram, menggambarkan diagram objek-objek
11. Composite Diagram, menggambarkan composite diagram
12. Timing Diagram, menggambarkan diagram waktu
13. Interaction Overview Diagram, menggambarkan interaksi antar diagram

REQUIREMENTS CAPTURING
1. Textual Analysis
2. Requare diagram
3. Basic diagram
4. CRC Card Diagram



DATABASE MODELING
1. ERD
2. ORM Diagram

BUSSINESS PROCCESS MODELING
1. Bussiness Proses Diagram
2. Data Flow Diagram
3. EPC Diagram
4. Process Map Diagram
5. Organization Chart

OTHER
1. EJB Diagram
2. Overview Diagram
3. User Interface
4. Mind Mapping Diagram

• Sebutkan kelebihan VP sebagai alat untuk melakukan rekayasa perangkat lunak berbasis objek?

Jawaban :
Kelebihan dari VP adalah dapat digunakan untuk RPL Paradigm Terstruktur dan Object Oriented, dalam VP menu-menu disajikan dengan lebih user friendly, terutama ketika kita akan membat diagram-diagram, kita dengan mudahnya memilih diagram apa yang akan kita buat, dan secara otomatis, tools yang muncul untuk digunakan adalah tools yang sesuai dengan tipe diagram yang akan kita buat, sehingga ini memudahkan user dalam melakukan perancangan OO.

3 komentar:

  1. terima kasih ya, postingnya. Saya jadi bisa mengerjakan tugas dari Pak Fajar
    Tini Eresha 36
    http://bit.ly/cantikberseri
    http://kebunindah4us.blogspot.com

    BalasHapus
  2. wah ... mantap ini gan...
    PRnya jadi lebih mudah dikerjakan nih ...

    Eresha 38

    BalasHapus